Serba-serbi kehidupan

Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat

Ada berbagai jenis kulit yang dimiliki oleh manusia dan setiap jenis kulit memerlukan perawatan khusus agar kesehatan kulit terjaga dan enampilan menarik diperoleh. Untuk jenis kulit normal; maka perawatan yang dibutuhkan dapat dikatakan paling sederhana. Berbeda dengan kulit kering yang butuh dilembabkan dan kulit berminyak yang butuh dibersihkan agar tidak menimbulkan infeksi jerawat ataupun terlihat selalu basah.

Jenis Kulit Berminyak

Penyebab kulit menjadi berminyak adalah aktivitas kelenjar minyak di bawah kulit yang lebih aktif dibandingkan dengan kulit normal dan kering. Faktor keturunan dan gaya hidup dapat menjadi penyebab mengapa seseorang memiliki kulit berminyak. Kondisi ini biasa ditandai dengan kulit yang dengan cepat terlihat berminyak dan memiliki pori – pori besar. Kulit dengan pori besar dan produksi minyak yang banyak itulah yang menyebabkan kulit berminyak rentan bermasalah dengan timbulnya jerawat. Jerawat terjadi ketika pori – pori terkena kotoran sehingga memicu infeksi hingga ke kelenjar minyak yang ada di bawah kulit.

Mengatasi Jerawat Dan Kulit Berminyak

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi produksi minyak dan mencegah terjadinya jerawat pada kulit berminyak. Sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kehati – hatian dalam memilih produk kosmetik serta perawatan kulit juga wajib dilakukan karena kulit berminyak biasanya sensitif dan cepat bereaksi dengan kosmetik yang tidak cocok sehingga muncul jerawat ataupun ruam.

Rajin mencuci muka dengan sabun yang cocok sebaiknya dilakukan guna mengurangi minyak yang muncul ke permukaan kulit. Gunakan pembersih wajah dan toner yang memang dibuat khusus untuk jenis kulit berminyak. Solusi alami yang dapat dicoba adalah dengan membasuh wajah dengan air rebusan seledri guna mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Sedangkan untuk kulit wajah yang berjerawat; perawatan dengan menggunakan sabun yang mengandung sulfur merupakan pilihan yang paling sederhana. Kandungan sulfur di dalam sabun akan membantu mengurangi peradangan dan membuat jerawat lebih cepat kering. Sedangkan jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan wajah dan membantu menghilangkan bekas jerawat.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat"

Back To Top